Pendidikan Kesetaraan Paket C

Paket-C adalah Program Pendidikan Non Formal sebagai alternatif dari Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) yang diperuntukkan bagi Siswa-Siswi yang putus sekolah atau Siswa yang tidak sempat menikmati Pendidikan Formal.

Paket-C juga merupakan program penyempurnaan dari Program Ujian Persamaan yang sebelumnya diberlakukan. Dalam Program Paket-C, Siswa yang akan mengikuti Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) diwajibkan untuk terlebih dahulu mengikuti kegiatan belajar mengajar yang diselenggarakan oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) atau Lembaga Penyelenggara Pendidikan Kesetaraan (LPPK).

Beberapa Siswa sengaja mengikuti Paket-C karena alasan tertentu seperti sibuk Bekerja, Berwirausaha, Olahragawan, Artis Muda dan Siswa yang tidak bisa berkonsentrasi di keramaian sekolah alias senang belajar mandiri sampai yang populer saat ini adalah Home Schooling atau Sekolah Rumah.

Manfaat yang diperoleh dengan mengikuti Paket-C Setara SMA adalah :

  • Ijazah Paket-C setara dengan Ijazah SMA yang dapat dipergunakan untuk Kuliah di PTN maupun di PTS dalam dan luar negeri.

  • Ijazah Paket-C dapat juga dipergunakan untuk Melamar Kerja.

  • Untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Swasta, TNI dan Polri yang telah bekerja dengan bermodalkan Ijazah SMP, dengan mendapatkan Ijazah Paket-C dapat menjadi syarat pelengkap untuk menyesuaian golongan.

  • Bagi yang berminat untuk mengikuti seleksi masuk TNI dan POLRI, saat ini sudah bisa menggunakan Ijazah Paket-C.

  • Juga bagi yang ingin mengikuti seleksi PNS dapat menggunakan Ijazah Paket-C. Kabarnya kalau tidak salah wakil Bupati Garut juga dari lulusan Paket-C

  • Dan tentu saja menambah rasa Percaya Diri bagi siswa lulusan Paket-C karena telah menyelesaikan pendidikan setara SMA dan tidak perlu malu mengulang di sekolah Formal karena telah tertinggal beberapa tahun.