Maksud dan Tujuan

  1. Membina dan meningkatkan wawasan, pengetahuan dan pola pikir, serta keterampilan masyarakat dalam rangka memberdayakan masyarakat melalui kerjasama dengan berbagai pihak lain (instansi pemerintah / swasta)
  2. Meningkatkan ekonomi masyarakat dan pembangunan yang sesuai dengan potensi daerah dan sumber daya alam setempat untuk mencapai kesejateraan masyarakat.
  3. Membangun kerjasama diantara diantara instansi terkait dalam pendidikan, keterampilan, pengembangan diri dan pembangunan dalam rangka pemberdayaan masyarakat.
  4. Memprakarsai Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam menunjang program Pemerintah di dibidang pendidikan dan pelatihan guna mencapai tujuan pembangunan Nasional.
  5. Menumbuhkan jiwa kemandirian, kreatifitas, dan daya saing masyarakat dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan dengan arif dan bijaksana sehingga tercipta kondisi yang nyaman, tenteram, adil, makmur dan sejahtera.
  6. Melakukan pembinaan dan pengembangan masyarakat untuk menunjang peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.
  7. Mengkaji berbagai permasalahan pemberdayaan dan pembangunan diberbagai bidang dengan memberikan alternatif pemecahan , seperti : mendirikan rumah yatim piatu, mendirikan rumah untuk pemeliharaan orang tua lanjut usia,mendirikan sekolah-sekolah yaitu : Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD),Taman Bacaan Masyarakat (TBM), menyelenggarakan pendidikan kesetaraan, menyelenggarakan serta membuka kursus-kursus dan keterampilan-keterampilan, menyelenggarakan Kelompok Belajar Usaha (KBU) serta semua program yang berkaitan dengan Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI).
  8. Memberikan penyuluhan dibidang pertanian, perkebunan, kehutanan, kesehatan, peternakan, pengobatan dan keluarga berencana.
  9. Penerapan dan penyebarluasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) diberbagai bidang guna peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia.